rahasia-di-balik-jilbab

Arti Jilbab Dan Dinamika Jilbab Dalam Kehidupan Masyarakat Secara Etimologi

Kata jilbab berasal dari kata bahasa arab, dalam bentuk jamaknya Jalaabib termuat dalam Al-Qur’an surat Al-Ahzab ayat 59.kata ini menurut imam Al-Razi berasal dari atas kata verbal Jalaba Yajlabu Jalban yang berarti mendatangkan,membawa,membuat gaduh,menarik dan menghimpun

(red islam sensual) jadi bagi masyarakat umum jilbab adalah pakaian yang di pakai oleh seorang wanita muslim untuk menutupi auratnya.

Didalam kehidupan msyarakat jilbab adalah sesuatu yang sangat ssakral bagi kehidupan sehaari-hari.disamping itu juga jilbab menjadi ciri has atau identitas seorang wanita yang sholeh.akan tetapi hal demikian ini ssudah salah kapra di kalangan masyasaakat kita,karna kita sulit unnntuk membedakan orang-orang yang memakai jilbab, kadangkala seorang PSK juga memakai jilbab untuk menutupi atau meng hilangkan jejak mereka.jadi bagi masyarakat jangan mengklem oranng-orang yang berjilbab adalah orang yang ssholeh.kitaaaa harus mengetahui tingkah laku mereka baru menetapkan pembicaraannya apakah dia baaik atau nalah sebaiknya.

dinamika bentuk dan model-model busana muslim

“ hai anak adam,sesungguhnya kani telah menurunkan kepadamu libas (pakayan)unntuk menutupi auratmu (organ genital)danpakayan indah untnk perhiasan. dan pakayan takwa itulah yang lebih baik. (QS. Al-A’raf [7]: 26 ).hai anak-anak adam jangan sekali-kali kamu dapat ditipu oleh setan sebagai mana dia pisahkan ke dua ibu bapkmu yanng mengabaikannya dari surga meninggalkan libas( pakayan)dari mereka sehingga tampak auratmerekah (AL-A’raf[7]:27)

Fungsi atau kegunaan pakayan adalah sebagai alat untuk menutup aurat muslim, adpun kedua ayat di atas menerangkan fungsi dan kegunaan pakayan (libas) dalam arti yang berbeda.ayat pertama menerangkan kegunaan atau fungsi pakayan untuk menutupi tubuh ummat manusia yang bertujuan untuk menyempurnakan nilai-nilai kemanusiaan.kedua untuk tujuan estetika sebagai perhiasan untuk memperinda penampilan.

nah dari ayat yang kedua inilah kadangkala manusia salah mengartikan kata memperindah penampilan,sampai-sampai seorang wanita over fashion dalam berpenampilannya walaupun seorang wanita memperinda tubuhnnya dengan menggunakan mahkotanya (jilbab).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: